Jumat, 22 Maret 2013

Sekilas Mengenal Cakram Buell


yup, penyuka modifikasi pasti kenal dengan tampilan cakram lebar atau yang biasa disebut pelek Buell disk ini. Pertama kali muncul tahun 2002, infonya dibikin produsen pelek dan variasi dari Surabaya yang memesan produknya langsung dibuat dari pabrikan negri Cina karena lebih murah dan hasilnya lebih presisi. kala itu model pelek berpiringan lurus dengan jumlah baut 6 yang terinpirasi dari tampilan cakram moge Buell XB9R Firebolt (http://www.motorcyclistonline.com/roadtests/buell_xb9r_firebolt/) tampilan awal klop sama dengan model pelek moge Buell ini, palang pelek dipakai dengan gabungan dua ruas palang kurus tiap palang utamanya yang berjumlah 6 buah. Dijual kala itu komplit sepasang pelek dengan kaliper terbaliknya, dudukan kaliper, juga bos dudukan. Setelah merk Buell disck ini beredar dan diterima di pasaran dengan harga Rp400ribu komplit, tidak beberapa lama dicontek lagi oleh merk X-SPeed* (CMIIW) yang punya model lebih besar di bentuk bibir pelek dan punya dudukan piringan dikedua sisi, sehingga untuk pemasang piringan lebar ganda bisa dilakukan pada jenis merk ini. Selanjutnya muncul lagi model baru yaitu model gelombang dengan bentuk cakram yang melekung seperti ombak. sayangnya pelek Buel ini tidak bertahan lama, meski bisa dibilang murah karena dengan harga segitu bisa memperoleh paket kaliper sekalian hanya dalam waktu 2 tahun saja pelek buell kalah bersaing dengan model giga disc, atau monoblock, dan banyak model lain.
seperti hilang dari muka bumi, pelek ini mulai nampak lagi tahun 2007-2008 lalu di komunitas anak modifikasi. namun tidak dipakai dengan peleknya, tapi hanya diambil lingkar cakramnya yang lebar dan unik ini. biasanya digabung dengan pelek lain yang punya model lebih sederhana, tentu saja dudukan baut pemegangnya dibuatkan lagi ke tukang bubut agar bisa terpasang ke pelek lain. kaliperpun tidak lagi dipakai bawaan pelek aslinya, namun sudah berganti kaliper variasi.
 
Dalam perjalananya piringan Buell ini menjadi langka karena sudah tidak lagi diproduksi namun menjadi buruan penggemar modifikasi, karena bentuknya yang unik tadi. Terutama buat penyuka kontes modifikasi di kelas funky bike bahkan extreme, seperti wajib memakai piringan lebar ini. So banyak yang mencarinya meski dalam kondisi bekas pakai.
Kini piringan model terakhir yaitu model gelombang berjumlah baut 6, Oto2custom sudah bisa datangkan. so kalau yang biasa bertandang di gelaran kontes Honda yaitu HOCS bisa langsung melihat bentuk fisiknya di stand panitia. Mo kontak n pemesanan lebih jauh bisa lewat nomor 08155002285.
penulis: Oto2custom

4 komentar: